phone: 0821 4000 4020
e-mail: agsu16@gmail.com

Membuat Slot material baru

Berikut ini adalah cara-cara untuk menambah slot material apabila jumlah benda yang ada di viewport melebihi jumlah slot material di Material Editor, jumlah slot maksimal hanya 24 buah slot, bila jumlah benda melebihi 24 seringkali user kebingungan. Dalam bahasan ini menerangkan bagaimana caranya agar jumlah slot bisa melebihi 24 buah bahkan tak terhingga, nah.., sebenarnya slot hanya berjumlah 3 atau bahkan 2 saja sudah cukup untuk mengakali slot unlimited, berikut beberapa triknya :

TRIK PERTAMA:



1. Buatlah semua slot terisi oleh material yang ada di viewport, lebihkanlah 1 objek pada viewport dari jumlah slot pada Material Editor yang berjumlah 24 buah (objek > jumlah slot 24 buah) tanda apabila slot material terisi dan sudah ada yang memiliki adalah pada setiap sudutnya terdapat segitiga.
2. Pilihlah salah satu slot material, klik tombol pada “Pick Material From Object” pilih objek selain dari slot yang sedang terpilih di Materila Editor (misal : slot yang sedang dipilih warna merah, maka objek yang dipilih dengan tool “Pick Material From Object” pilih warna selain merah, misal hijau kalau ada).
3. Lihat di slot Material Editor, otomatis ada slot yang kosong (tandanya : tidak ada segitiga di setiap sudutnya), nah slot kosong tersebut bisa dipergunakan untuk objek yang belum mendapat material tanpa mengilangkan material yang ada pada objek yang terpilih sebelumnya (objek warna merah).
4. Ulangi cara 2 – 3 bila ingin mendapatkan slot material kosong untuk objek baru.

TRIK KEDUA:
1. Klik tombol "X" (reset map to default setting): Akan muncul jendela baru dengan pilihan!

1) jika kita memilih opsi 1:
  • Anda me-reset semua parameter material.
  • obyek dalam model akan terus dihubungkan ke material ini
    (Hanya saja semua ojek di viewport tiba-tiba akan berubah abu-abu)
2) Jika kita memilih pilihan ke-2:
  • objek dan materi akan "terputus".
  • materi dalam slot akan resetted .
  • obyek dalam adegan akan mempertahankan materi itu sebelum pembatalan tersebut

Untuk mengedit material yang sudah direset adalah caranya sebagai berikut:
Get Material -> Scene -> Double-click material yang akan di edit:

KESIMPULAN
Material editor adalah semacam "palet" di mana bahan-bahan pendukung sementara untuk membuat dan mengasosiasikan mereka dengan mudah.