phone: 0821 4000 4020
e-mail: agsu16@gmail.com

8 Mar 2012

vray exterior daylight

Dalam tutorial ini saya akan menggunakan cara sederhana, namun efektif untuk setup pencahayaan siang hari menggunakan 3ds max dan vray.

Sebelum kita mulai kita perlu setup LWF-nya dulu.
Klik "Customize", "Preferensi" dan klik "gamma dan Lut" tab.
Centang "Aktifkan gamma /lut correction", ketik 2,2 di kotak di samping "Gamma".
Di bawah "Materials and Colors"centang keduanya "Affect Color Selectors" untuk Mempengaruhi Selectors Warna dan "Affect Material Editor untuk Mempengaruhi Material Editor.




Jangan lupa bahwa untuk setiap tekstur yang Anda gunakan anda harus merubah gamma itu seperti di bawah ini screenshot:




Jika Anda membutuhkan lebih penjelasan lebih banyak mengenai alur kerja linier, anda dapat membuka postingan saya yang lalu mengenay tutorial LWF .

Selanjutnya anda dapat mengatur posisi kamera dan sumber cahaya mataharinya.
Untuk kamera yang digunakan adalah “vray physical camera”. untuk sumber cahayanya menngunakan "Vray sun"

Ketika Anda akan ditanya apakah Anda ingin "automatically add a Vray Sky environment map”, click “yes”.

Posisi dari sumber matahari secara langsung berkaitan dengan waktu dalam sehari. Berikut ini adalah 2 contoh dari rendering dengan posisi matahari yang berbeda.



VraySun parameter
1) -turbidity
Parameter ini mempengaruhi warna dari langit dan suasana keseluruhan dengan cara debu mempengaruhi suasana. Nilai turbidity tinggi mensimulasikan jumlah debu yang lebih besar dan membuat rendering terlihat lebih kekuningan. Lihat contoh di bawah ini:



2)-ozon - berkisar dari 0 ke 1. Nilai yang lebih rendah seharusnya membuat sinar matahari terlihat lebih oranye, sementara nilai-nilai yang lebih tinggi harus membuatnya kebiruan. Saya selalu lebih memilih untuk meninggalkan ini sebagai default.

3)-vray sun size multiplier - nilai "0" menghasilkan bayangan yang sangat tajam, sementara nilai yang lebih tinggi membuat mereka lebih lembut.



4)-shadow subdivisions - jika Anda menggunakan nilai yang lebih tinggi untuk ukuran vray sun-nya maka anda perlu meningkatkan shadow subdivisions juga.
5)-Intensity multiplier - perlu untuk mengatakan bahwa nilai-nilai yang lebih tinggi menghasilkan intensitas cahaya matahari lebih tinggi
Berikut ini, adalah pengaturan yang biasa saya gunakan untuk membuat render siang hari:
-intensity 1
-turbidity 4
-size multiplier 5
-shadow subdivisions 9
dan berikut ini adalah hasil dari pengaturan diatas.


Seperti yang Anda lihat, hasilnya terlihat agak gelap. Anda dapat bermain dengan kurva dalam frame buffer maya vray, atau mulai tweaker pengaturan kamera vray.
Vray kamera parameter
Saya selalu lebih memilih untuk lebih menyesuaikan gambar dari kamera parameter vray.
Ada 3 parameter utama yang mempengaruhi pencahayaan / suasana: F-number, shutter speed, and film speed.
1) F-number
Parameter ini menentukan lebar aperture kamera dan karena itu mempengaruhi eksposur. Nilai yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang gelap, sementara nilai-nilai yang lebih rendah mencerahkan gambar.

2)Shutter speed
Parameter ini menentukan jumlah waktu film terkena cahaya. Hal ini dihitung dalam "detik terbalik" karena itu nilai yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang gelap.

3) Film speed
Parameter ini menentukan seberapa sensitif film itu cahaya. Nilai yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang lebih ringan, tapi downside adalah bahwa semakin tinggi sensibilitas yang lebih "kasar" gambar akan terlihat.
Untuk rendering eksterior siang hari dianjurkan untuk menjaga ini di 100.
Ada beberapa parameter lainnya yang dapat Anda sentuh (seperti white balance kustom, vignetting, dll) tapi Anda dapat memiliki kontrol lebih jika Anda melakukan ini dalam photoshop.
Kesimpulannya, meskipun tidak ada "pengaturan universal" untuk kamera vray, setiap kali saya melakukan render eksterior siang hari aku mulai dengan pengaturan berikut, dan tergantung di tempat kejadian saya mungkin perlu tweak mereka sedikit lebih jauh.
F-number – 7
Shutter speed – 120
Film speed – 100
Rest of the parameters – default.
Dan berikut ini adalah hasil rendering dilakukan dengan menggunakan parameter diatas.

Sekian tutorial saya apabia kurang jelas silahkan mengunjugi www.cgdegest.com.
(Sumber : www.cgdegest.com.)